English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 30, 2012

Bermain itu Penting bagi Anak


Banyak orangtua yang menilai kalau anak sering bermain justru tidak baik. Padahal, bermain itu sebenarnya penting karena bisa membangun aspek tumbuh kembang anak. 

"Sayangnya orangtua kebanyakan justru melarang anaknya bermain. Itu salah, dengan bermain Anda bisa melihat perkembangan dalam diri anak Anda, apakah dia bisa mengikuti permainan yang ada," ujar Hedwick Emilian Tulus, Psikolog Anak. 


Ketika bermain, motorik anak harus berfungsi, jika itu sudah berfungsi, dan dia mampu mencari solusi atau mengikuti permainan dengan baik, berarti kognitifnya juga berjalan. Tentu saja, ini menunjukkan bermain bukan tidak berguna tapi justru baik bagi tumbuh kembang seorang anak. 


"Mungkin banyak alasan orangtua melarang anaknya bermain, selain tidak ada lokasi bermain, orangtua suka bingung harus bermain apa dengan anak di rumah. Padahal, segala sesuatu yang ada disekitar Anda bisa dijadikan mainan," tambah Hedwick. 


Menurutnya, orang tua tidak perlu pusing-pusing atau bingung harus membawa anak kemana untuk bermain. Cukup di rumah saja, Anda dan anak bisa bermain tebak-tebakan, mencuci mobil bersama, membuat anak binatang dari kertas origami. 


"Jadi banyak hal bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk bisa bermain dengan anak, apalagi itu bisa membantu perkembangannya. Tentu para orangtua sudah perlu mulai memikirkan hal ini, sederahana kog kalau Anda mau mencobanya," ujar Hedwick.


Sumber: Ghiboo.com

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites