English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, January 30, 2012

Menahan Marah di Kantor Bisa Mematikan

Bertumpuknya kewajiban, entah berupa tugas kantor atau ketidakcocokan dengan gaya kepemimpinan atasan, bisa membuat kita tertekan. Bila diabaikan, perasaan tertekan ini semakin menjadi-jadi. Bukan mustahil, akan muncul gangguan kesehatan serius atau kematian gara-gara stres.

Studi terkini yang dilakukan para ahli dari the Stress Research Institute, Stockholm, Swedia, terhadap 2.775 pria bekerja menunjukkan bahwa pekerja yang selalu menekan kekecewaan dan kemarahan mereka ketika diperlakukan tidak adil di kantor berisiko lima kali lebih tinggi mengalami serangan jantung, bahkan meninggal, dibanding mereka yang mengekspresikan kemarahannya.

"Setelah menyesuaikan faktor usia, ekonomi, perilaku berisiko, ketegangan dalam kerja, dan faktor biologi sebagai dasar, kami menemukan hubungan yang erat antara menahan marah dan risiko serangan jantung atau kematian karena jantung mendadak berhenti," tulis para peneliti dalam laporannya.

Pekerja yang yang dikategorikan introvert tersebut memiliki ciri "membiarkan sesuatu berlalu tanpa mengatakan apa pun" dan "pergi menjauh" meski masih ada rasa tidak puas atau beban karena tindakan rekan kerja atau bos. 

Mereka yang sering menggunakan teknik menahan diri ini memiliki risiko dua hingga lima kali lebih besar untuk menderita penyakit jantung dibanding dengan mereka yang termasuk dalam kelompok frontal di tempat kerja. Hasil studi ini dipublikasikan dalam The Journal of Epidemiology and Community Health.

Para peneliti memang tidak memberikan jawaban mengenai cara untuk menghadapi stres di kantor. Namun, mereka menyarankan untuk menghadapi konflik secara terbuka, misalnya dengan cara protes secara langsung, bicara dengan atasan atau rekan kerja setelah amarah mereda, hingga berteriak langsung kepada orang yang bersangkutan.


Sumber: Reuters

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites