English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, January 12, 2012

Career Assessment Inventory

CAI atau Career Assessment Inventory pertamakali dikeluarkan pada tahun 1975 oleh Charles B. Johansson, PhD. CAI memiliki 2 versi yaitu VV (the vocational version) dan EV (the enhanced version), perbedaan keduanya hanya terletak pada sisi instrumen yang digunakan. Tes ini dapat dilaksanakan secara individual maupun secara kelompok dengan waktu antara 40 sampai 45 menit. Tes ini diperuntukkan usia 15 tahun atau lebih dengan bantuan media pensil dan kertas atau pengerjaan melalui internet.

CAI versi VV (the vocational version) memiliki 305 item soal inventory yang dikelompokkan ke dalam 3 kategori isi, yaitu : aktivitas, mata pelajaran sekolah, dan pekerjaan. Masing-masing butir menyediakan 5 pilihan respon, mulai dari sangat suka, suka, cukup suka, tidak suka dan respon sangat tidak suka. Soal yang disajikan berdasarkan tingkat membaca anak kelas 6, CAI juga bisa digunakan pada orang-orang dewasa yang memiliki keterampilan membaca yang buruk.  CAI menyediakan skor pada 3 tipe skala utama, termasuk 6 skala tema umum, 22 skala bidang minat dasar homogen, dan 91 skala pekerjaan indeks administratif dan 4 skala non pekerjaan juga termasuk di dalamnya.

EV (The Enhanced Version) menyediakan 370 item yang terdapat di dalam 3 kategori utama, yaitu aktivitas, mata pelajaran sekolah, dan pekerjaan.  Item dalam tes CAI tipe ini yaitu pekerjaan indeks administratif (5); skala non pekerjaan (4); tema pekerjaan umum (6); skala ketertarikan dasar (25); dan skala pekerjaan  (111).

Tes CAI dirancang secara khusus untuk para pencari kerja yang tidak memerlukan pendidikan universitas selama 4 tahun bahkan lebih atau pelatihan professional lebih jauh. CAI berfokus pada perkerjaan yang melibatkan keterampilan, pekerjaan teknis, dan pekerjaan jasa. Contoh skala pekerjaannya adalah perdagangan, montir pesawat, petugas kesehatan gigi, petugas kafetaria, programmer komputer, dan perawat terdaftar (pekerjaan semi profesional).

CAI merupakan tes obyektif yang membandingkan antara ketertarikan akan suatu pekerjaan dan kepribadian seseorang. Jumlah pekerjaan yang disediakan sekitar 100 macam. CAI digunakan konselor di sekolah, lembaga training, dan universitas. Di samping itu juga digunakan oleh psikolog, tenaga professional, dan juga HRD. Dewasa ini CAI telah mengalami perubahan demi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam perubahannya, CAI menyediakan tambahan kriteria, seperti : jenis pekerjaan, sumber bacaan rujukan, dan sumber-sumber lowongan pekerjaan di internet.

Di lingkungan sekolah CAI dapat digunakan untuk membantu mengajari siswa agar fokus pada pendidikan yang ditempuhnya demi mencapai jenis pekerjaan yang diinginkannya, membantu siswa untuk mengetahui pekerjaan dari arah  pendidikan yang digelutinya.  Area yang diukur dalam CAI  meliputi : Basic Interest Area, Realistic, Artistic, Enterprising, Investigative, Social, Conventional, Occupational, Skilled Trades, Service Professions, Professional Occupations, Nonoccupational, Educational Orientation, Fine Arts, Mechanical, Occupational Extroversion/Introversion, Variability of Interests.

Prosedur yang digunakan dalam mengembangkan CAI sangat serupa dengan prosedur yang ada pada inventory strong namun semua pengumpulan data dan analisis statistik dijalankan secara terpisah kecuali skala tema umum, skala-skala tertentu yang dikembangkan dalam masing-masing kategori ini, adalah khusus untuk CAI. 

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites