English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, January 12, 2012

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dipelopori oleh jung. karya dan tulisan-tulisannya memiliki pengaruh pada psikologi, tapi tidak sebanyak di bidang tes psikologi. Dengan beberapa pengecualian kecil, sebagian besar upaya dalam tes psikologi berasal dari Jung teori telah berfokus pada hanya satu konsep, yaitu extraversion-introver. Jung percaya bahwa apa yang tampak dalam perilaku manusia dapat dijelaskan atas dasar bagaimana orang menggunakan persepsi dan penghakiman. Persepsi didefinisikan sebagai proses penafsiran terhadap suatu stimulus. Penghakiman didefinisikan sebagai proses  kesimpulan tentang apa yang telah dirasakan.

MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers. Myers pada tahun 1942 mulai mengembangkan item tertentu untuk kemungkinan penggunaan di inventarisasi. Dari tahun 1942 sampai sekitar tahun 1957, ia mengembangkan sejumlah item, melakukan uji coba utama, dan akhirnya dirilis MBTI. Pada tahun 1962, Educational Testing Layanan formulir diterbitkan F untuk penelitian. Pada tahun 1975, Consulting Psyehologist Press mengambil alih publikasi bentuk F dan pada tahun 1977 diterbitkan form G, baik untuk penggunaan profesional. Pada tahun 1975, sebuah pusat MBTI telah dibuka di University Florida di Gainesville.

Formulir Gdari MBTI terdiri dari 126 item: Apakah Anda (a) orang yg suka berteman; (b) orang yang pendiam dan tenang, serta sejumlah item yang meminta responden untuk memilih satu dari dua kata atas dasar banding - sebagai contoh: (a) rasional atau (b) intuitif. 

Formulir F terdiri dari 166 item, dan ada bentuk singkatan dari 50 item (bentuk H). Ada juga scorable diri bentuk pendek terdiri dari 94 item dari G. bentuk Formulir ini datang dengan dua bagian lembar jawaban yang memungkinkan responden untuk skor persediaan. Akhirnya, ada bentuk dirancang untuk anak-anak, serta versi bahasa Spanyol. Ada empat skala. MBTI: Extraversion-introver disingkat sebagai E-aku Sensasi-intuisi disingkat sebagai S-N Berpikir-merasa disingkat sebagai T-F Menilai-memahami disingkat sebagai J-P Administrasi.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites